Sunday, November 7, 2021

Ketua PCNU Kota Madiun Ajak Nahdliyin Welas Asih Kepada Semua Makhluk Allah SWT



Ahad Pagi (7/10/2021), pengajian rutin ahad pagi berjalan sebagaimana mestinya. Dimulai dari pukul 06.00 WIB dengan pembacaan istigotsah yang pada Ahad Pahing kali ini dipimpin oleh Beliau KH. Awaluddin Fitroh dan ceramah diisi oleh KH. Agus Mushoffa Izzuddin. 


Pada pengajian kali ini, Beliau Ketua PCNU Kota Madiun memulai dengan menyampaikan sebuah hadits dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيْرَنَا... 

Artinya: “Bukanlah termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi lebih muda... "


Dari hadits di atas, Kanjeng Nabi SAW selalu mengajarkan untuk welas asih dan kasih sayang kepada yang lebih muda khususnya kepada anak. 


Nabi Muhammad SAW adalah orang yang tatkala menghadapi masalah apapun pasti didasari kasih sayang bukan mengedepankan rasa kebencian. Sebab apapun bila dilandasi dengan kasih sayang pasti membuahkan suatu kebaikan. 


Menurut Beliau, ketika orang tua memberikan hukuman kepada anak, sebaiknya dilandasi dengan kasih sayang. Sebagaimana Nabi SAW mengajarkan untuk memukul anak yang telah berusia 8 tahun bila tidak mau mengerjakan shalat. Tentunya pukulan yang diberikan dengan rasa kasih sayang agar sang anak mau beribadah kepada Tuhannya dan tidak meninggalkan cap buruk kepada orang tuanya. 


Beliau berpesan kepada jama'ah yang hadir khususnya yang telah berkeluarga dan mempunyai putra-putri, jangan sampai keluar cacian atau perkataan yang menyebabkan tidak ridhonya orang tua terhadap anak. Karena hal itu yang nantinya menjadi penyebab putusnya ridho Allah SWT. Jadi bila nanti seorang anak mulai tidak patuh dan tidak taat kepada orang tua, bisa jadi disebabkan karena tidak ridhonya orang tua terhadap anak. 


Di akhir pengajian, KH. Agus Mushoffa Izzuddin mengajak pada warga Nahdliyin yang hadir untuk welas asih kepada sesama. Tidak hanya kepada sesama manusia tetapi juga hewan dan tumbuhan, karena semua itu adalah ciptaan Allah SWT. Seperti dalam hadits disebutkan:

 مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ

 Artinya: ""Barangsiapa yang tidak welas asih (red: menyayangi), maka dia tidak akan diwelas asihi."


Penulis : Haris S

Gambar : M Aziz

Contact

Talk to us

NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, merupakan sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrem naqli (skripturalis)

Alamat:

Jl. Tuntang, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133

Jam Kerja:

Setiap Hari 24 Jam

Telpon:

-