Sunday, November 21, 2021

RASULULLAH SAW ADALAH ORANG YANG SANGAT PERHATIAN

Rasulullah SAW adalah orang yang paling menghindari kedzaliman. Beliau pernah mendapati salah seorang sahabat pilihannya terbunuh di tengah-tengah orang-orang Yahudi. Namun hal itu tidak membuatnya berlaku dzalim terhadap mereka. Beliau justru memberikan ganti rugi kepada keluarga korban dengan seratus ekor unta.



 

Rasulullah SAW adalah orang yang paling merasa cukup dan menerima apa yang ada (qonaah). Beliau pernah mengakibatkan batu pada perutnya, karena menahan lapar. Beliau memakan apa yang ada, tidak menolak makanan yang didapatkan, dan tidak menolak makanan yang halal. Beliau tidak pernah makan sampai kenyang dengan roti gandum selama tiga hari berturut-turut karena lebih mengutamakan orang lain daripada dirinya sendiri.

 

Rasulullah SAW adalah orang yang sangat perhatian terhadap keadaan ummatnya. Beliau menjenguk orang sakit sampai ke pelosok terjauh kota Madinah. Beliau mendatangi undangan pernikahan dan mengantarkan jenazah ke kubur.

 

Rasulullah SAW adalah orang yang sangat tawadhu’, yang paling tenang tanpa kesombongan, yang paling fasih berbicara tanpa memboroskan perkataan dan yang paling berseri-seri wajahnya. Tidak ada orang mereka, budak laki-laki atau budak perempuan yang datang kepadanya, melainkan beliau berdiri bersamanya guna memenuhi keperluannya.

 

Rasulullah SAW adalah orang yang paling suka bergaul dengan orang-orang miskin. Beliau duduk bersama dengan orang-orang fakir dan makan bersama dengan orang-orang miskin. Beliau tidak merendahkan orang miskin karena kemiskinan dan kemelaratannya.

 

Beliau memuliakan orang yang memiliki keutamaan akhlak. Beliau menyambung tali persaudaraan dengan tidak mengutamakan orang-orang yang terpandang di antara mereka. Rasulullah SAW menerima permohonan maaf dari orang-orang yang minta maaf kepadanya. Beliau tertawa tanpa terbahak-bahak. Beliau pernah melihat permainan yang mubah, namun tidak melarangnya.

 

Rasulullah SAW memiliki unta dan kambing, dari kedua binatang itu, beliau minum air susu bersama istri-istrinya. Beliau memiliki budak laki-laki dan budak perempuan, namun tidak melebihi mereka dalam makanan dan pakaian. Rasulullah SAW tidak pernah menyia-nyiakan waktu, melainkan diisi dengan perbuatan yang semata-mata karena Allah atau untuk sesuatu hal yang dilakukan bagi kebaikan dirinya. Beliau tidak berdiri dan tidak duduk melainkan senantiasa berdzikir kepada Allah.

Contact

Talk to us

NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, merupakan sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrem naqli (skripturalis)

Alamat:

Jl. Tuntang, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133

Jam Kerja:

Setiap Hari 24 Jam

Telpon:

-