Tuesday, January 4, 2022

AKHLAK RASULULLAH KETIKA BERPAKAIAN

Rasulullah SAW mengenakan pakaian seadanya baik berupa sarung, selendang, baju biasa, jubah dan pakaian lainnya. Kebanyakan pakaian yang beliau kenakan berwarna putih. Beliau bersabda, “Pakaikanlah kain putih pada orang-orang yang hidup di antara kalian dan kafanilah orang-orang yang mati di antara dengan kain putih.” [HR. Imam Ibnu Majah dan Imam al-Hakim]


 

Rasulullah memiliki jubah yang dicelup dengan za’faron, kadangkala shalat berjama’ah dengan memakai jubah tersebut, dan terkadang memakai kain penutup satu lapis. Beliau memiliki pakaian berbulu dan mengenakannya. Beliau bersabda, “Sesungguhnya aku adalah seorang hamba, aku berpakaian sebagaimana seorang hamba berpakaian.” [Imam Bukhari]

 

Kadangkala beliau mengenakan kain sarung kedua ujungnya disimpul antara kedua bahunya. Kadangkala beliau mengimami shalat jenazah dengan mengenakan kain itu. Kadangkala beliau melaksanakan shalat di rumahnya, dengan mengenakan satu kain sarung dengan menyelempangkan kedua ujugnya.

 

Kadangkala Rasulullah melaksanakan shalat malam dengan mengenakan kain sarung itu. Beliau berselendangkan kain yang dekat dengan rumbai kainnya dan menggeraikan sisanya pada sebagian istrinya, lalu shalat dalam keadaan demikian.

 

Beliau memiliki pakaian berwarna hitam, kemudian memberikan pakaian itu kepada orang lain. Ummu Salamah berkata kepada Rasulullah, demi ayahku, engkau dan ibuku, apa yang telah diperbuat orang terhadap pakaian hitam itu?

 

Beliau menjawab, “Aku berikan pakaian hitam itu pada orang itu.”

 

Ummu Salamah berkata, “Aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih bagus daripada putihmu  atas hitamnya pakaian itu.”

 

Sayyidina Anas RA berkata, “Kadangkala aku melihat Rasulullah shalat zuhur berjama’ah bersama kami dengan mengenakan kain longgar yang menyelimuti seluruh tubuh dengan mengikatkan di antara kedua ujungnya.” 

Contact

Talk to us

NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, merupakan sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrem naqli (skripturalis)

Alamat:

Jl. Tuntang, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133

Jam Kerja:

Setiap Hari 24 Jam

Telpon:

-