عن عبد الله بريدة عن أبيه: كنت جالسا عند النبي صلى الله عليه وسلم إذ أتته امرأة فقالت: يا رسول الله إني كنت تصدقت على أمى بجارية وإنها كان عليها صوم شهر أفاصوم عنها؟ قال: صومي عنها. قالت: يا رسول الله إنها لم تحج قط أفأحج عنها؟ قال: نعم حجي عنها. (رواه الترمذي وقال: هذا حديث حسن صحيح)
“Dari Abdullah bin Buraidah, dari bapaknya, ia berkata: “Saya duduk dekat Nabi, lalu beliau didatangi wanita, ia bertanya: “Wahai Rasulullah saya sedekah jariyah untuk ibu saya, ia telah wafat”, Nabi bersabda: “Wahai Rasulullah, ibuku memiliki tanggungan puasa sebulan, apakah saya puasa untuknya?”. Nabi bersabda: “Puasalah atas nama ibumu”. Ia berkata: “Wahai Rasulullah, ibu saya belum haji sama sekali, apakah saya haji atas namanya?” Nabi menjawab: “Hajilah atas nama ibumu.” [HR. Imam Tirmidzi]
Hadits ini menyebutkan ada beberapa pahala yang dapat dilakukan atas nama mayit. Bagi yang berpendapat selain tiga ibadah tersebut tidak boleh dihadiahkan kepada mayit, maka dibantah oleh Ibn al-Qayyim:
فإن قيل فرسول الله أرشدهم إلى الصوم والصدقة والحج دون القراءة قيل هو يبتدئهم بذلك بل خرج ذلك منه مخرج الجواب لهم فهذا سأله عن الحج عن ميته فأذن له وهذا سأله عن الصيام فأذن وهذا سأله عن الصدقة فأذن له ولم يمنعهم مما سوى ذلك.
“Jika ada yang bertanya: “Rasulullah SAW hanya memberi petunjuk pada puasa, sedekah, dan haji, tidak ada petunjuk membaca al-Qur’an. Jawabnya adalah apakah Rasulullah SAW yang mendahului mereka dengan ucapannya? Bahkan hal ini keluar darinya sebagai jawaban. Maka beliau ditanya tentang haji dari keluarganya yang meninggal,beliau memberi izin kepadanya. Beliau ditanya tentang puasa dari keluarganya yang meninggal, beliau memberi izin. Beliau ditanya lagi tentang sedekah dari keluarganya yang meninggal, beliau memberi izin kepadanya. Beliau tidak mencegah hal-hal lainnya.” [Ibn al-Qayyim, ar-Ruh, I/142-143]