Monday, September 26, 2022

LIMA HAL YANG HARUS DIPENUHI WANITA SEBELUM BERANGKAT KE MAJELIS

Di bulan Rabi'ul Awal ini atau yang kerap disebut dengan Bulan Maulid, banyak sekali majelis entah itu majelis shalawat ataupun pengajian umum yang diselenggarakan guna untuk menghormati hari kelahiran manusia yang mulia yakni Nabi Muhammad SAW.


Memang hal yang lumrah di manapun ada majelis pasti yang mendominasi ialah kaum hawa atau jama'ah putri dari segala usia, baik yang masih kanak-kanak hingga yang sudah 'menjanda'.


Tapi perlu diketahui ternyata ada hal lima hal yang harus diperhatikan oleh para wanita sebelum berangkat menuju suatu majelis. Apa sajakah itu? Ini kami utarakan dari penjelasan Gus Muhammad Shoim saat Pengajian Ahad Pagi beberapa waktu yang lalu:



Pertama, sebenarnya para wanita ketika keluar rumah guna menghadiri suatu majelis dilarang memakai wangi-wangian atau parfum. 


Kedua, jika mengenakan pakaian untuk hadir ke suatu majelis hendaknya memakai busana yang sederhana dan tidak mencolok. 


Ketiga, ketika sesampainya di suatu majelis diharapkan para wanita untuk tidak banyak polah tingkah yang akhirnya menjadikan dirinya sebagai pusat perhatian. 


Keempat, untuk para wanita yang berparas cantik untuk tidak sering hadir ke suatu majelis. Kalaupun hadir suatu majelis tetap menjaga agar tidak terkena 'ain (pandangan kagum atau takjub) dari lawan jenis. 


Dan yang kelima, untuk para wanita yang telah bersuami hendaknya kita akan menghadiri suatu majelis meminta izin kepada sang suami terlebih dahulu. 


Semua hal di atas itu sejatinya untuk tetap menjaga muruah wanita sendiri dan agar tidak menimbulkan fitnah serta tetap mensucikan niatnya di kala hendak ingin menghadiri suatu majelis. 


Wallahu a'lam bish showab

Contact

Talk to us

NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, merupakan sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrem naqli (skripturalis)

Alamat:

Jl. Tuntang, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133

Jam Kerja:

Setiap Hari 24 Jam

Telpon:

-