Monday, January 30, 2023

Kenalkan Rukun Iman

Berbicara tentang kebiasaan anak, maka hal ini tidak akan terlepas dari yang namanya orang tua. Karena orang tua (lingkungan keluarga) adalah lembaga pendidikan pertama kali untuk anak. Dengan demikian orang tua harus berusaha semaksimal mungkin agar anak mendapatkan pendidikan agama yang baik dan terbiasa melaksanakannya. 

Nah, agar anak memiliki aqidah yang lurus sejak dini, maka sejak kecil ia harus dididik tentang aqidah yang benar. Salah satunya dengan mengajarkan rukun iman pada anak. Anak tidak cukup diajari untuk menghafalnya, tentu juga perlu diberi penjelasan dengan bahasa yang ia pahami. 


1. Iman kepada Allah

Yaitu dengan mengajarkan pada anak bahwa Allah itu satu, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan tidak ada sesembahan lain bersama-Nya. Andaikata Tuhan itu lebih dari satu maka akan terjadi pertikaian dan perselisihan pendapat diantara keduanya, dan andaikata di bumi dan langit ada sesembahan selain-Nya, tentu keduanya akan rusak dan binasa. 


2. Iman kepada Malaikat

Sampaikan bahwa iman kepada malaikat adalah wajib dan membenarkan keberadaan mereka adalah suatu keharusan. Malaikat adalah hamba-hamba Allah yang mulia, yang bertasbih siang dan malam dengan tidak bosan, tidak menyombongkan diri dari ketaatan dan ibadah kepada Allah, bahkan mereka takut kepada-Nya. 


3. Iman kepada Kitab-kitab Allah

Sampaikan kepada anak bahwa Allah telah menurunkan sejumlah kitab kepada para Rasul-Nya, untuk diajarkan kepada ummatnya. Di dalam kitab-kitab tersebut berisi tentang perintah Allah untuk bertauhid, beriman kepada-Nya dan para rasul-Nya, tentang kabar-kabar orang-orang sebelum mereka, hukum yang berlaku di tengah-tengah mereka, dan menerangkan perkara-perkara yang halal dan haram. Terdapat kabar gembira bagi orang yang beriman dan peringatan bagi orang yang kafir. 


Di antara kitab-kitab itu adalah: kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa, kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud, dan Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 


4. Iman kepada Para Rasul

Ceritakanlah tentang kisah-kisah dan mukjizat yang dimiliki para Rasul. Imam kepada seluruh rasul dan nabi adalah wajib. Barangsiapa ingkar kepada salah satunya,maka telah kafir kepada semuanya. Perkenalkanlah nama-nama 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui yaitu: Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh, Ibrahim, Luth, Ishaq, Ismail, Ya'qub, Yunus, Syu'aib, Harun, Musa, Daud, Yusuf, Ayyub, Dzulkifli, Sulaiman, Zakariya, Ilyas, Ilyasa', Yahya, Isa, Muhammad. Beritahu bahwasanya Nabi Muhammad adalah Rasul terakhir, oleh karena itu Allah tidak mungkin mengangkat rasul lagi setelah Nabi Muhammad SAW. 


5. Iman kepada Hari Kiamat

Beritahu anak tentang hari qiyamat, yaitu hari berakhirnya kehidupan di dunia, pada hari ini amal perbuatan manusia akan dibalas oleh Allah SWT. Bila anak mengetahui bahwa kelak akan ada perhitungan, pahala dan siksa, maka dia akan berbuat kebaikan dan menjauhi kejelekan. 


6. Iman kepada Takdir

Ajarkan anak tentang pengertian takdir, dan beritahu bahwa semua yang berjalan telah dituliskan dan ditentukan oleh Allah SWT. Seperti rezeki, telah ditakdirkan dan dibagi-bagi. Sampaikan bahwa yang memberi hidayah adalah Allah, dan bahwa penjagaan-penjagaan datangnya dari Allah. Ajal dan umur telah ditakdirkan, dan musibah telah ditulis dan ditakdirkan. Ajari anak agar ridha dengan ketentuan-ketentuan Allah azza wa jalla pada setiap keadaan. 

Contact

Talk to us

NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, merupakan sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrem naqli (skripturalis)

Alamat:

Jl. Tuntang, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133

Jam Kerja:

Setiap Hari 24 Jam

Telpon:

-