Sunday, March 19, 2023

Mengenalkan Ramadhan Untuk Anak-anak

Memulai sesuatu memang tidak pernah mudah, begitu juga dengan mengajarkan anak puasa dan sekaligus memahami maknanya. Agar orangtua bisa berhasil dalam mengkondisikan mereka untuk memaknai datangnya Ramadhan, diperlukan persiapan dan rencana yang matang.  Berikut ini beberapa tips buat para orangtua untuk memulai merancang pola pendidikan Ramadhan untuk anak. 


Cerita dan Mainan Ramadhan

Anak-anak memang masih identik dengan mainan dan cerita, karena memang itulah kegemaran anak-anak. Jadi orangtua harus pandai menyelami dunia anak-anak dalam mengenalkan Ramadhan untuk anak ini kepada mereka. Salah satu cara mengenalkan Ramadhan untuk anak, orangtua dapat memilihkan cerita-cerita menarik seputar Ramadhan. 


Didukung pula banyak program TV Ramadhan untuk anak yang akan menceritakan nuansa Ramadhan. Atau orangtua juga bisa menceritakan pengalaman, masa kecil seputar Ramadhan, bagaimana bahagianya mendapatkan baju baru sebagai persiapan lebaran, atau menyambut saat buka bersama dengan jalan-jalan ke taman bersama keluarga, dan kisah-kisah menarik lainnya yang bisa memotivasi untuk melaksanakan ibadah di bukan Ramadhan. 


Memberikan Suasana Menyenangkan

Biasanya untuk menyambut lebaran, orang-orang akan menata ulang rumah dan membersihkannya selama atau jelang Ramadhan. Sudah menjadi budaya di masyarakat, menjelang Ramadhan untuk mulai bersiap-bersiap membenahi rumah. 


Orangtua bisa sekalian saja menata kamar si kecil dengan nuansa Ramadhan, menghiasi ruangan mereka dengan kaligrafi dan kartun muslim yang lucu. 


Menggantikan mainan-mainan yang bersifat umum dengan mainan-mainan bernuansa Islam. Membuat ruang khusus untuk belajar mengaji bersama, dan semacamnya. 


Memasuki bulan Ramadhan, orangtua juga bisa memberikan keleluasaan buat anak yang sudah berusia sekolah untuk mengundang teman-temannya melakukan buka bersama di rumah. Libatkan anak untuk ikut menyiapkan persiapan buka sehingga akan tertanam rasa percaya diri dan dibutuhkan. Selama Ramadhan berika juga keleluasaan buat anak untuk ikut shalat Tarawih bersama di masjid, mengikuti tadarus Al-Qur'an, dan semacamnya. Hal ini akan menjadikan pengalaman tak terlupakan buat mereka di masa mendatang. 


Menyusun Menu Makanan Bergizi

Jika di bulan lain, mempersiapkan makanan untuk porsi 3 kali sehari, selama bulan puasa ini, cukup mempersiapkan makanan 2 kali sehari saat Sahur dan Berbuka saja. 


Pergantian waktu mempersiapkan makanan pada dini hari dan menjelang Maghrib. Untuk itu ibu juga harus memberikan gizi yang cukup buat anak-anak agar energi mereka bisa tersimpan lebih lama di dalam tubuh. Rencanakan menu masakan jauh hari sebelumnya dan diskusikan menu apa yang diinginkan oleh mereka juga lahap memakannya. 


Makan Sahur Bersama

Awal bulan Ramadhan akan dimulai dengan shalat Tarawih di malam hari di masjid, ajak mereka untuk mulai mengenal Ramadhan untuk anak dengan mengikuti shalat Tarawih. Beritahukan pula bahwa besok pagi sebelum Shubuh harus ikut bangun untuk makam sahur bersama. Sebagai motivasi buat mereka, perlihatkan makanan kegemaran mereka dan beritahukan bahwa makanan tersebut hanya boleh dimakan besok pagi sebelum waktu Shubuh. Mereka mungkin akan termotivasi untuk ikut makan sahur bersama. 

Contact

Talk to us

NU menganut paham Ahlussunah waljama'ah, merupakan sebuah pola pikir yang mengambil jalan tengah antara ekstrem aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrem naqli (skripturalis)

Alamat:

Jl. Tuntang, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133

Jam Kerja:

Setiap Hari 24 Jam

Telpon:

-